Rabu, 18 April 2012

Proteksi file MS. Office dengan Enkripsi

Enkripsi adalah suatu teknik untuk merahasiakan data dengan mengubahnya menjadi bentuk lain yang tidak dapat dibaca yang disebut chipertext. Untuk membuat data menjadi bentuk Chipertext digunakan kombinasi antara data asli dengan sebuah kata kunci yang digabungkan melalui sebuah algoritma, terdapat bermacam-macam algoritma yang dapat digunakan.

Fasilitas untuk mengenkripsi dokumen office ini sudah disediakan pada MS.Office, kali ini saya menggunakan MS.Office 2007. Caranya mudah saja, mari ikuti langkah-langkahnya:

Untuk dokumen baru yang akan di simpan atau akan disimpan ulang dengan save as.

Pada jendela untuk pilihan menyimpan data dibagian bawah, disamping tombol save terdapat pilihan tool -> general option.

Disini kita akan dihadapkan dengan jendela baru untuk memasukkan password/kata kunci untuk enkripsi dokumen. Masukkan kata kunci yang diinginkan.


Setelah dimasukkan, tinggal tekan OK dan dokumen sudah dilindungi dengan password.

Selain itu juga ada cara lain terutama untuk data yang sudah ada dan tidak perlu menyimpan ulang dengan save as, yaitu melalui menu Prepare yang terdapat pada menu utama.

Pertama buka dokumen yang akan dilindungi,

klik pada logo bulat MS.Office pada bagian kiri atas,

klik menu Prepare, dan klik menu Encrypt Document yang ada disampingnya.


Kemudian akan muncul jendela kecil untuk memasukkan password, setelah password dimasukkan tinggal tekan tombol OK.


Dengan demikian dokumen kita telah diamanakan dengan proteksi password. Pada saat file dibuka aplikasi MS.Office akan meminta password untuk membuka dokumen. Selanjutnya yang perlu dilakukan adalah untuk tidak melupakan passwordnya.

0 komentar:

Posting Komentar