Minggu, 01 April 2012

Email adalah salah satu aplikasi internet yang sangat populer dan sangat berguna. Lebih dari hanya sekedar sarana bertukar pesan sebagaimana pada masa-masa awal kemunculannya, sekarang email seakan berperan sebagai tanda pengenal di dunia maya. Adapun isi dari email beragam, ada yang hanya sekedar berita yang dikirim dari akun-akun kita di dunia maya sampai data-data penting seperti masalah keuangan dan dokumen-dokumen rahasia lainnya. Atas nama privasi tentu kita tidak ingin ada yang mengetahui apa isi dari email kita, apalagi sampai memanfaatkan informasi yang ada di dalamnya untuk hal-hal yang bisa merugikan.

Masalah keamanan email merupakan isu yang sangat perlu diperhatikan, penyedia layanan pun juga berfikir keras untuk mengamankan email penggunanya. Seakan tak mau kalah para hacker pun juga berlomba-lomba menjebol sistem keamanan yang telah dibangun. Beragam cara yang mereka lakukan, salah satu cara termudah adalah menggunakan laman palsu. Dari laman palsu tersebut mereka dapat menipu pengguna agar memasukkan email dan password mereka pada form log in palsu yang tersedia.

Biasanya pengguna yang kurang awas dan kurang teliti akan mudah tertipu. Untuk itu salah satu penyedia layanan email terbesar Yahoo mengeluarkan inovasi baru yang diberi nama sign-in seal atau segel masuk. Dengan adanya segel ini dimaksudkan pengguna bisa menilai apakah laman log in yahoo yang dilihatnya itu tersebut asli atau palsu. Konsepnya adalah otentikasi dua arah antara komputer dengan server yahoo. Segel masuk yang dibuat adalah tanda rahasia antara komputer tertentu dengan server yahoo. Jika server yahoo yang asli diakses dari komputer yang telah dibuatkan segel, maka segel akan ditampilkan, ini tentu saja tidak bisa dilakukan oleh laman yahoo palsu.

Agar segel lebih terjamin maka pengguna diberikan pilihan untuk menentukan sendiri segelnya. Segel dapat berupa tulisan atau gambar yang bisa diupload sendiri oleh pengguna, terdapat juga berbagai pilihan tema warna. Segel dapat dibuat dengan mengklik link pembuatan segel yang ditampilkan pada saat akan log in. Selanjutnya tinggal mengikuti beberapa langkah mudah yang harus dilalui.

Berikut tampilan laman log in yang telah dipasang segel

0 komentar:

Posting Komentar